Bertanggung Jawab Atas Apa Yang Terjadi Dalam Hidup

Bertanggung Jawab Atas Apa Yang Terjadi Dalam Hidup

Pernahkah kamu merasakan tertekan oleh tindakan orang tuamu, kadang orang tua melakukan hal-hal yang tidak sewajarnya mereka lakukan. Sebenarnya niat mereka baik, untuk memberikan yang terbaik buat anak-anaknya. Yang jadi persoalan adalah apakah orang tua memahami apa yang dibutuhkan anak, bukan apa yang diinginkan orang tua atau yang diinginkan anak.

Contoh nyata sering kita jumpai di masyarakat, banyak anak yang mendapatkan sesuatu yang seharusnya tidak mereka dapatkan. Mereka terlalu dimanja, mereka dilarang bermain, mereka tidak boleh membantu  orang tuanya, mereka tidak boleh melakukan apa-apa hingga mereka menjadi anak yang lemah. Kita sadar tujuan mereka baik, tidak ingin anaknya terjerumus pada pergaulan yang salah, tidak ingin anaknya lelah, tetapi tanpa disadari inilah mulai dari mala petaka dalam hidup. Yaitu ketika orang tua memberikan kenyamanan pada anaknya, padahal yang seharusnya mereka berikan adalah kemampuan hidup, semua jenis kemampuan hidup.

Anak membutuhkan pijakan bagaimana menjalani hidup, bukan hanya kenyamanan. Karena pada akhirnya setiap anak harus hidup mandiri, menyelesaikan masalahnya sendiri dan pada akhirnya menyelesaikan masalah orang tua ketika mereka sudah tidak muda lagi. Namun yang terjadi tidak demikian, anak harus menghadapi kerasnya kehidupan karena ia tidak tau bagaimana menghadapi itu, dan dia juga tidak tau harus minta tolong kepada siapa.

Tetapi apa pun yang terjadi, kita tidak boleh menyalahkanorang lain, apa lagi menyalahkan orang tua, kita harus bangkit dan membahagiakannya. Menyalahkan orang lain atas sesuatu yang terjadi pada kita tidak akan pernah memberikan solusi, intinya bukan menyalahkan atau apapun, intinya dari setiap masalah yang kita hadapai kita harus fokus ke jalan keluar.

Kita harus menerima bahwa semua yang terjadi pada hidup kita adalah pilihan sendiri, dan kitalah yang harus bertanggung jawab.

Kita harus menyadari bahwa apa pun yang dilakukan orang tua kepada kita adalah bentuk kasih sayang yang harus kita hargai dan kita hormati, serta membalasnya dengan kebaikan yang lebih banyak lagi. Apabila ada yang tak berjalan dengan baik, mungkin itu ketidak tauan mereka.
Pada akhirnya kita kelak akan menjadi orang tua yang membesarkan anak-anaknya, oleh karena itu kita harus belajar dan belajar untuk menjadi pribadi dan orang tua yang lebih baik.

Kumpulan Kata Mutiara Semangat Hidup Terbaik

Kumpulan Kata Mutiara Semangat Hidup Terbaik

Hidup bisa naik dan turun, ada kalanya dipenuhi gairah dan semangat, di lain waktu lesu dan tak bersemangat. Masalah yang datang perlu dihadapi dengan bijak sehingga bisa menjadikan hidup lebih baik. Semangat menjalani hidup harus tetap berkobar, jangan sampai padam. Kata mutiara para tokoh dunia berikut ini bisa memberikan tambahan semangat dalam menjalani hidup.

1. “Percayalah hal itu dapat dilakukan. Ketika Anda percaya sesuatu dapat dilakukan, benar-benarlah percaya, pikiran Anda menemukan cara-cara untuk melakukannya. Mempercayai ada suatu solusi, meratakan jalan suatu solusi.” _Dr. David Schwartz

2. "Kesenangan dalam sebuah pekerjaan membuat kesempurnaan pada hasil yang dicapai." _Aristoteles

3. “Anda Mungkin kecewa jika Anda gagal, tetapi Anda tamat jika tidak mencoba.” _Beverly Sills

4. “Kantong-kantong kosong tidak pernah menghalangi seseorang. Hanya kepala kosong dan hati kosong yang dapat melakukannya.” _Norman Vincent Peale

5. “Saya belum gagal. Saya hanya menemukan 10.000 cara yang tidak efektif.” _Thomas A. Edison

6. “Jika Anda bosan dengan kehidupan – Anda tidak bangun setiap pagi dengan semangat menyala-nyala untuk melakukan hal-hal – Anda berarti tidak memiliki sasaran yang cukup.” _Lou Holtz

7. “Jangan biarkan ketakutan yang menyerang membuat Anda mundur.” _Babe Ruth

8. “Tiap masalah membunyikan peluang yang begitu kuat di dalamnya sehingga sebetulnya mengkerdilkan masalah itu. Kisah-kisah sukses terbesar diciptakan oleh orang yang mengakui suatu masalah dan mengubahnya menjadi suatu peluang.” _Joseph Sugarman

9. "Yang membuatku terus berkembang adalah tujuan-tujuan hidupku." _Muhammad Ali

10. “Dengan gagal merencanakan, Anda sedang merencanakan kegagalan.” _Benjamin Franklin

11. "Anda tidak pernah terlalu tua untuk menetapkan tujuan yang lain atau untuk memimpikan impian baru.” _Les Brown

12. “Biar saja orang lain menjalani hidup ini apa adanya, yang penting Anda tidak. Biar saja orang lain memperdebatkan hal-hal sepele, yang penting Anda tidak. Biar saja orang lain menangisi luka yang kecil, yang penting Anda tidak. Biar saja orang mempertaruhkan masa depannya di tangan orang lain, yang penting Anda tidak.” _Jim Rohn

13. “Ketakutan akan kematian mengikuti ketakutan akan hidup. Manusia yang benar-benar hidup siap mati kapan saja.” _Mark Twain

14. “Mengasihani diri sendiri tidak akan membawa Anda ke mana pun. Orang harus memiliki keberanian mengambil risiko untuk menerima dirinya sendiri sebagai sebuah kumpulan kemungkinan dan menjalankan permainan paling menarik di dunia ini, menampilkan kemampuan terbaik seseorang.” _Harry Emerson Fosdick

15. "Sekali anda mengerjakan sesuatu, jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. Orang-orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia." _Chanakya

16. “Jika Anda tidak berani mengambil risiko yang kecil, maka Anda akan menghadapi risiko yang lebih besar.” _Erica Jong

17. “Hidup yang dipakai dengan melakukan kesalahan tidak hanya terhormat, tetapi juga lebih berguna daripada hidup yang dihabiskan tanpa melakukan apa pun.” _George Bernard Shaw

18. “Saya telah gagal dalam 9.000 tembakan. Saya telah kalah hampir 300 pertandingan. Saya 26 kali gagal saat  dipercaya menembakan bola yang memenangi pertandingan. Saya gagal dan gagal lagi dalam kehidupan. Dan itulah mengapa saya sukses.” – Michael Jordan

19. “Anda harus menang di dalam pikiran Anda sebelum Anda menang di dalam kehidupan Anda.” _Dale Carnegie

20. “Petualangan terbesar yang sesungguhnya bisa Anda lakukan adalah menjalani kehidupan impian Anda.“ _Oprah Winfrey

21. "Kesempatan untuk menemukan kekuatan yang lebih baik dalam diri kita muncul ketika hidup terlihat sangat menantang." _Joseph Campbell

22. “Pecundang membayangkan hukuman kegagalan. Pemenang membayangkan ganjaran keberhasilan.” _Rob Gilbert

23. "Hargailah usahamu, hargailah dirimu. Harga diri memunculkan disiplin diri. Ketika anda memiliki keduanya, itulah kekuatan sesungguhnya." _Clint Eastwood

24. “Ketika Anda bersyukur, ketakutan hilang dan kelimpahan muncul.” _Anthony Robbins

25. "Juara adalah pecundang yang bangkit dan mencoba sekali lagi." _Dennis De Young

26. "Saya tidak takut pada orang yang telah berlatih 10.000 tendangan sebanyak satu kali, namun saya takut pada orang yang telah berlatih satu tendangan sebanyak 10.000 kali." _Bruce Lee

27. "Masa lalu mungkin pahit dan menyedihkan. Anda dapat lari darinya, atau memilih mempelajari sesuatu darinya." _Rafiki

Semoga bermanfaat...

Siapa Yang Tau ? Ayam Dulu Atau Telur Dulu

Siapa Yang Tau ? Ayam Dulu Atau Telur Dulu

Pertanyaan tentang siapa yang lebih dulu antara ayam dan telur sudah menjadi perdebatan di dunia. Ada yang mengatakan bahwa telur terlebih dahulu, ada juga yang mengatakan bahwa ayam dulu baru telur. Menjawab pertanyaan tersebut secara gamblang memang sulit untuk menemukan jawaban yang pas. Namun jika menggunakan analogi, kita dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan sederhana, pas, dan masuk akal.

Namun saya tidak tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai jawaban dan alasan yang berkembang di masyarakat. Saya lebih tertarik pada pertanyaannya? Jika kita dapat melihat lebih jeli, pertanyaan tersebut adalah pertanyaan biasa yang mudah untuk menemukan jawabannya. Pertanyaan tersebut menjadi rumit karena menggunakan istilah ayam dan telur.

Tentu saja jika menggunakan istilah ayam dan telur, logika kita menjadi berputar-putar disitu tanpa menemukan jawabannya. Ayam berasal dari telur, telur berasal dari ayam. Terus mana yang lebih dahulu? Cara berpikir seperti inilah yang membingungkan logika kita. Pasti sangat susah menemukan jawabannya.

Di sini saya akan menjelaskan jawaban atas pertanyaan tersebut dengan cara yang sederhana dan masuk akal. Yang pertama saya akan menganalisa pertanyaan tersebut. Dimana saya akan mendefinisikan objek pertanyaan tersebut yaitu ayam dan telur.

Ayam adalah jenis binatang unggas, dimana berkembang biak dengan menghasilkan telur.
Telur adalah suatu produk yang dihasilkan oleh ayam untuk berkembang biak.

Jika kita menggunakan analogi perkembang biakan pada sapi, Ayam sama dengan induk sapi dan telur adalah anak sapi. Bila melihat perkembangan manusia yang berasal dari Adam dan Hawa yang kemudian memiliki anak. Sudah jelas bahwa Orang tua lebih dulu kemudian anak, jika ayam adalah orang tua dan telur adalah anak , maka sudah jelas bahwa ayam lebih dulu baru telur.

Apabila kita menelaah lebih jauh, tentang pertanyaan ayam dan telur, kita akan dibawa pada bagaimana proses awal penciptaan dunia ini. Tentu saja hanya Allah yang tau, dan kita hanya bisa mengira-ngira kecuali sesuatu itu telah diberitahukan oleh Allah.

Cara Menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT)

Cara Menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT)

Bagaimana cara untuk mengetahui apakah berat badan sudah ideal? Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan menghitung indeks masa tubuh. Mengukur IMT sangat mudah, yaitu menggunakan rumus berikut ini.

Cara Menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT)

Batas ambang IMT ditentukan ditentukan dengan merujuk ketentuan FAO/WHO. Untuk kepentingan Indonesia, batas ambang dimodifikasi berdasarkan pengalaman klinis dan hasil penelitian di beberapa negara berkembang. Batas IMT untuk Indonesia adalah sebagai berikut.

Cara Menghitung Indeks Masa Tubuh (IMT)

Dengan mengetahui indeks masa tubuh kita menjadi tau apakah berat badan kita termasuk dalam kategori kurus, normal, atau gemuk. Berat badan merupakan suatu barometer yang sangat mudah untuk mengetahui status gizi seseorang. Tentu saja jika kita memiliki indeks masa tubuh normal, tubuh kita lebih segar dan selalu fit dari pada orang yang kurus atau gemuk.

Contoh menghitung indeks masa tubuh

Ibu Ani memiliki berat badan 56 kg, dengan tinggi badan 153 cm. Apakah Ibu Ani memiliki berat badan yang ideal, kurus, atau gemuk ? Untuk mengetahuinya langsung saja kita hitung menggunakan rumus IMT di atas.

Diketahui:
  • Berat badan = 56 kg
  • Tinggi badan = 153 cm = 1,53 m

Maka Indeks Masa Tubuh adalah:
  • IMT= 56 : (1,53 X 1,53) = 23,9

Dari perhitungan di atas diketahui bahwa IMT Ibu Ani adalah 23,9 yang menunjukkan bahwa Ibu Ani memiliki berat badan ideal.

Bagaimana sobat? Sangat mudah kan untuk mengetahui berat badan ideal kita. Jangan menganggap berat badan kita kurus atau gemuk sebelum mengetahui indeks masa tubuhnya. Beberapa orang menganggap berat badannya gemuk padahal jika dihitung menggunakan rumus IMT diatas hasilnya masih dalam kategori normal atau berat badan ideal.

Tentu saja dengan memiliki berat badan yang ideal kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit seperti orang yang memiliki berat badan kurus atau gemuk. Apabila memiliki berat badan gemuk akan berisiko memiliki penyakit Diabetes Tipe 2, Hipertensi, Jantung.

Ayo, makan makanan beragam dengan gizi seimbang serta menjaga berat badan dalam batas yang ideal.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menikah

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menikah

Kalau sobat bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk menikah? Jawabannya sangat relatif sekali, namun saya akan menjawab pertanyaan di atas menurut pengalaman yang saya alami sendiri.

Bagi saya waktu yang tepat untuk menikah adalah ketika sudah berusia 23 tahun, intinya lebih cepat lebih baik. Tetapi jangan terlalu muda juga, misalnya di bawah usia 19 tahun, karena  secara fisik organ reproduksi belum matang, dan juga kondisi mental belum siap.

Mengapa saya memilih usia 23 tahun sebagai usia paling tepat untuk menikah, karena diusia 23 tahun kita sudah bisa menghasilkan uang sendiri dan juga kita bisa mandiri, sudah mampu untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar. Ini telah terbukti dari teman-teman saya yang menikah diusia 23 tahun, mereka mampu untuk menjalani kehidupan keluarga dengan baik. Intinya saya mengatakan bahwa diusia 23 tahun sebenarnya seseorang sudah siap untuk menikah.

Tentu saja latar belakang yang beragam tidak mudah untuk mengatakan bahwa semua orang harus menikah diusia 23 tahun. Saya sendiri menikah di usia 29 tahun, dan yang saya rasakan adalah saya terlambat menikah. Mengapa saya tidak menikah diusia 23 tahun, padahal waktu itu saya sudah mampu dan siap untuk menikah. Namun saya sangat bersyukur bahwa saya sudah menikah walaupun menurut saya sedikit terlambat.

Menurut pemikiran saya pribadi, menikah lebih cepat lebih baik. Ketika sudah menikah tentu saja kita jadi lebih fokus pada apa yang akan dicapai, dan menemukan target-target baru sehingga membuat hidup lebih bergairah. Setelah menikah prioritas kebutuhan menjadi berbeda, sesuatu yang tadinya hanya impian kini harus menjadi kenyataan.

Contoh yang paling sederhana adalah saya sendiri, waktu usia 23 th saya sudah mempunyai penghasilan sendiri walaupun tidak besar. Waktu itu saya juga memiliki rencana menikah dan mempunyai rumah sendiri. Tetapi apa yang terjadi adalah saya tidak pernah secara nyata melakukan tindakan untuk memiliki rumah. Saya hanya mempunyai keinginan, namun hanya keinginan.

Prioritas kebutuhan saya pada usia 23 tahun sangat berbeda sekali dengan prioritas kebutuhan ketika menikah. Waktu itu memiliki rumah bukan prioritas yang penting, saya malah mementingkan pada hal-hal yang sifatnya konsumtif.

Tentu saja berbeda dengan saat ini, dimana kebutuhan memiliki rumah menjadi sangat penting, dan harus diwujudkan. Dalam kata yang sederhana saya akan menjelaskan bahwa menikah lebih cepat, berarti kita memulai star lebih awal, tentu saja kita akan memiliki waktu lebih banyak untuk menata hidup yang lebih baik.

Besarnya Manfaat Mengkonsumsi Ikan Setiap Hari

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Setiap Hari

Ikan adalah makanan yang banyak mengandung protein, termasuk dalam protein hewani. Protein adalah zat gizi yang sangat penting untuk pertumbuhan dan mempertahankan sel atau jaringan yang sudah terbentuk. Oleh karena itu protein sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan. Protein juga dapat bermanfaat sebagai sumber energi.

Mengkonsumsi sumber protein yang baik adalah yang  yang dapat memenuhi kebutuhan asam amino esensial yaitu asam amino yang tidak dapat disintesa didalam tubuh dan harus diperoleh dari makanan.

Protein hewani memiliki kualitas yang lebih baik dibanding protein nabati karena komposisi asam amino lebih komplit dan asam amino esensial juga lebih banyak. Berbagai sumber protein hewani dan nabati mempunyai kandungan protein yang berbeda jumlahnya dan komposisi asam amino yang berbeda pula. Oleh karena itu mengonsumsi protein juga dilakukan bervariasi.

Dianjurkan konsumsi protein hewani sekitar 30% dan nabati 70%.Ikan selain sebagai sumber protein juga sumber asam lemak tidak jenuh dan sumber mikronutrien. Konsumsi ikan dianjurkan lebih banyak daripada konsumsi daging.

Dari pengalaman pribadi saya sendiri, saya dapat merasakan bahwa mengkonsumsi ikan sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan. Waktu saya berusia 12 tahun saya tinggal di Sampang Madura, letaknya tidak jauh dari pantai sehingga sangat mudah sekali untuk mendapatkan ikan. Saya pun hampir setiap hari mengkonsumsi ikan, waktu itu saya belum tau jika mengkonsumsi ikan sangat bermanfaat untuk kesahatan saya dikemudian hari.

Saya merasakan pertumbuhan yang lebih dari teman-teman saya, dan saya juga jarang sakit. Sebelum pindah ke Sampang saya tinggal di Lampung, letaknya di pegunungan. Waktu itu saya jarang mengkonsumsi ikan karena untuk mendapatkan ikan tidak semudah dan semurah ketika saya tinggal di Sampang Madura. Setelah usia saya 18 tahun saya kembali ke Lampung, dan saya menyadari bahwa saya lebih tinggi dari teman-teman saya waktu kecil dulu. Ini membuktikan bahwa mengkonsumsi ikan sangat diperlukan untuk kesehatan.

Namun sangat disayangkan, kesadaran masyarakat akan kandungan gizi pada ikan sangat kurang. Apalagi jaman sekarang, banyak anak-anak yang jajan sembarangan. Dimana niali gizi jajanan tersebut sangat sedikit, banyak makanan yang mengandung tinggi gula dan bahan pengawet, pewarna, serta perasa buatan. Tentu saja ini akan menganggu kesehatan anak-anak tersebut ketika dewasa. Wajar saja jika di jaman sekarang banyak remaja yang mengidap hipertensi, jantung, kolesterol, diabetes.

Ayo biasakan mengkonsumsi ikan setiap hari

Cara Mengatur Gizi Seimbang Pada Usia Lanjut

Cara Mengatur Gizi Seimbang Pada Usia Lanjut

Mengatur gizi yang seimbang pada usia lanjut menjadi sangat penting, karena pada usia lanjut terjadi penurunan beberapa fungsi organ pencernaan. Pemilihan makanan yang  tepat diharapkan dapat mencukupi kebutuhan gizi pada usia lanjut. Selain pemilihan makanan, aktivitas fisik pada usia lanjut juga sangat penting untuk menjaga kesehatannya.

a. Banyak mengkonsumsi sayur dan cukup buah-buahan

Sayur dan buah-buahan banyak mengandung mineral, vitamin, dan serat. Kandungan vitamin dan mineral dalam sayur dan buah sangat penting sebagai oksidan dan menangkal berbagai macam senyawa jahat dalam tubuh. Selain itu buah juga mengandung karbohidrat berupa fruktosa dan glukosa. Sayuran tertentu juga mengandung karbohidrat seperti wortel dan kentang sayur. Lemak tidak jenuh juga bisa terdapat dalam buah seperti alpukat dan buah merah. Itulah mengapa sayur dan buah adalah bagian penting mewujudkan gizi seimbang.

Dalam berbagai studi, mengkonsumsi sayur dan buah dapat menjaga tekanan darah, kolesterol, dan gula darah dalam batas normal. Hal ini menunjukkan bahwa sayur dan buah dapat digunakan untuk mencegah penyakit tidak menular. Selain itu sayur dan buah juga berguna untuk mencegah susah buang air besar dan kegemukan. Oleh karena itu usia lanjut diharapkan banyak mengkonsumsi sayur dan buah.

Apabila mengkonsumsi buah dalam bentuk jus, jangan tambahkan gula, karena segelas jus bergula mengandung 150-300 kalori, dimana separuhnya berasal dari gula yang ditambahkan. Selain itu hindari buah yang rasanya asam, hindari juga buah yang membuat kembung seperti nangka dan durian.

b. Biasakan mengkonsumsi makanan sumber kalsium seperti ikan dan susu

Usia lanjut berisiko tinggi mengalami pengeroposan tulang, untuk itu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium. Kepadatan tulang usia lanjut mulai berkurang sehingga beresiko mengalami pengeroposan tulang/osteoporosis. Selain itu sistim gigi geligi tidak sempurna dan rapuh sehingga untuk mencegah kondisi yang lebih
parah dianjurkan untuk mengkonsumsi pangan sumber kalsium terutama dari ikan dan susu.

c. Biasakan mengonsumsi makanan berserat

Orang usia lanjut sangat memerlukan makanan yang banyak mengandung serat, hal ini bertujuan agar tidak terjadi sembelit sehingga BAB (buang air besar) menjadi lancar. Serat pada makanan juga akan menghambat penyerapan kolesterol dan gula sehingga akan meningkatkan kesehatan usia lanjut.

d. Minumlah air putih sesuai kebutuhan

Usia lanjut sudah mengalami penurunan sistem hidrasi sehingga kurang sensitif terhadap kelebihan maupun kekurangan cairan. Untuk itu usia lanjut tidak boleh minum terlalu banyak atau terlalu sedikit, tetapi harus minum dengan jumlah yang cukup, yaitu 1500-1600 ml/hari. Usia lanjut yang mengalami kekurangan cairan bisa menyebabkan mudah lupa, demensia, kandungan natrium dalam darah naik sehingga berisiko hipertensi. Sedangkan usia lanjut yang mengalami kelebihan cairan akan meningkatkan beban jantung dan ginjal.

e. Tetap melakukan aktivitas fisik

Sel-sel otot pada usia muda mempunyai kelenturan yang optimal dan mulai menurun pada usia lanjut. Kontraksi dan relaksasi otot menjadi berkurang akibatnya usia lanjut sering mengalami kekakuan otot. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik yang ringan seperti berjalan-jalan, bersepeda, berkebun dan melakukan olah raga ringan seperti yoga, senam usia lanjut yang berfungsi membantu kelenturan otot dan relaksasi otot. Aktivitas fisik yang dilakukan usia lanjut akan menambah kesehatah jantung dan kebugaran tubuh.

f. Batasi konsumsi gula, garam dan lemak

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula, garam dan lemak pada usia lanjut akan meningkatkan risiko munculnya penyakit hipertensi, jantung, stroke, kanker dan kencing manis. Usia lanjut juga berisiko mengalami penyakit asam urat, oleh karena itu dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi purin seperti jeroan, dan melinjo.

Semoga bermanfaat.